IBU BERSALIN

Jenis Pelayanan : Ibu Bersalin

STANDAR PELAYANAN SERVICE DELIVERY

No KOMPONEN URAIAN
1. Persyaratan

Pasien Umum : Kartu identitas (KTP/KK), Kartu Berobat.

Pasien BPJS: Kartu BPJS, Kartu Identitas (KTP/KK), Kartu Berobat

2. Sistem, mekanisme, prosedur
  • Pelanggan datang ke triase untuk mendapatkan nomor antrian dan dilakukan tracing covid 19.
  • Jika lulus tracing, pelanggan membawa nomor antrian menuju ruang pendaftaran.
  • Jika tidak lulus tracing, pelanggan akan dirujuk ke RS HIS.
  • Petugas RM mengantar RM keruang Bersalin
  • Pelanggan dipanggil oleh petugas Bersalin sesuai nomor antrian untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
3. Jangka waktu pelayanan

1.Pendaftaran : 5-10 Menit

2.Pemeriksaan : 6 Jam (tergantung kondisi pelanggan)
4. Biaya / tarif

Pasien BPJS: Tidak Dipungut Biaya

Pasien Umum : Sesuai PERDA Kutai Barat No. 8 Tahun 2012 

Pendaftaran                                                 :  Rp. 6000,-

5. Produk Pelayanan
  • Layanan Ibu Bersalin
6. Penanganan pengaduan, saran dan masukan Email : melakpkm@kutaibaratkab.go.id Telp/SMS/WA : 082250345285 Kotak Saran/Pengaduan

JENIS PELAYANAN MANUFACTURING

NO KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum
  • Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)
  • Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 52 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
  • Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 65 tahun 2013 tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
  • Peraturan Bupati Kutai Barat Nomor 08 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat.
2. Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas
  • ATK
  • APD ( celemek,handshone steril,tutup kepala,kacamata google,sepatu boot)
  • Tensi
  • Stetoskop
  • Doppler dan jelly
  • Partus set
  • Bengkok
  • Kapas sublimat dan kom
  • Air DTT
  • Larutan klorin 0,5%
  • Baskom wadah air DTT dan air klorin
  • Lampu sorot
  • Pakaian bersih ibu dan bayi
  • Wadah pakaian kotor
  • Tempat sampah medis dan non medis Meja dan kursi
3. Kompetensi pelaksana Bidan  yang memiliki STR dan SIP
4. Pengawasan internal Penanggung Jawab UKP
5. Jumlah pelaksana
  • Bidan 9 orang
  • Untuk setiap pelayanan di layani oleh 1 – 2 orang bidan
6. Jaminan Pelayanan Diwujudkan dalam kualitas proses layanan dan produk layanan yang di dukung oleh petugas yang berkompeten di bidang tugas nya dengan perilaku pelayanan yang teliti, terampil, cepat, tepat, dan santun
7. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
  • Petugas Keamanan
  • Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
8. Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja pelaksana akan di laksanakan dengan:

  1. Penilaian Kinerja pegawai dengan SKP
  2. Penilaian perilaku pegawai
  3. Rapat Miniloka Karya Bulanan

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Melak

Jl. Sendawar Raya, Melak Ulu, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – melakkpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By